Pengantar Telematika

Kamis, 27 Oktober 2011
Sekarang saya mau membahasa sedikit telematika. Ya walaupun saya masih kurang paham, tetapi tetap saya harus bisa. Awalnya juga saya nggak kepikiran membahas ini, nah karena adanya pelajaran baru dari kampus saya yaitu Pengantar Telematika. Pelajaran ini berjenis softskill. Awalnya aku bingung, tapi setelah dicari tau, ternyata emang seharusnya uda penting pelajaran softskill. Apalagi saya jurusan Sistem Informasi. Kan malu kalau gaptek. Ya begitulah sedikit ceritanya, kita langsung ke pembahasan aja ya.

Telematika ternyata bukan asli bahasa Indonesia. Seperti banyak kata-kata bahasa Indonesia lainnya. Masih mengandung serapan dari bahasa asing plus bahasa daerah. Telematika tersebut diambil dari bahasa Prancis yaitu TELEMATIQUE yang kurang lebih dapat di artikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Nah seperti itulah arti dan sumber dari kata Telematika itu sendiri.

Dari hasil pencarian telematika, saya menemukan di milis telematika dimana milis ini adalah salah satu milis terbesar indonesia. Dari milis ini ada istilah telematika dari Paulus Bambang Wirayan yang menyatakan

…Untuk mengerti makna TELEMATIKA yang menurut pak Moedjiono yang merupakan konvergensi dari
Tele=”Telekomunikasi”,
ma=”Multimedia” dan
tika=”Informatika”
kita perlu perhatikan perbedaan antara BIDANG ILMU

Sementara dari hasil membaca Pengantar Telematika pada Mata kuliah Hukum Telematika Universitas Indonesia tertulis sebagai berikut:

Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

Jika diliat dari kedua tulisan, arti telematika sendiri masih rancu. Apakah “Telekomunikasi dan Informatika” atau “Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Jadi, intinya adalah ilmu yang mempelajari telekominikasi dan multimedia yang menggunakan teknologi sabagai sarana informatika.

0 komentar:

Posting Komentar