perlunya motivasi di dalam kehidupan sehari-hari

Selasa, 17 November 2009
PERLUNYA MOTIVASI DIDALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI



Motivasi mempunyai dua pengertian yang pertama apa itu motif ? yaitu Dorongan , daya gerak , rangsangan ,insting . Yang kedua motivasi ? Yaitu pendorong tingkah laku , pemberi rangsang , penggerak tingkah laku . sedangkan pengertian secara umum motif yaitu keadaan dalam diri individu yang mendorong untuk melakukan aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan yag telah ditentukan sendiri sedangkan motivasi yaitu suatu kontruk teoritis mengenai terjadinya prilaku meliputi pengeluaran , pengarahan dan tujuan dari prilaku Maka dari itu kita sebagai makhluk social yang hidup dimuka bumi ini harus mempunyai motivasi yang kuat di dalam menjalankan lika liku kehidupan dimuka bumi maka itu kita hidup dibumi ini sebelum melakukan sesuatu harus difikir secara matang dan jelas apa yang dituju seperti di dalam teori motivasi yaitu teori instink ( William MC Dougal) yang mengatakan sebagian besar prilaku manusia ditentukan oleh instink jadi yang dimaksud seseorang melakukan sesuatu berdasarkan pikiran yang ada di otaknya dan melakukan sesustu dikarenakan ada yang ingin dicapainya .
Juga dalam hidup kita harus mempunyai impian / tujuan yang kita capai agar hidup kita lebih terarah dan mempunyai tujuan seperti di dalam teori motivasi yaitu teori Harapan ( Victor E Vroom ) Motivasi yang merupakan hasil gabungan antara besarnya keinginan untuk mendapatkan Reward, besarnya kemungkinan untuk menyelesaikan tugas yang diperlukan dan keyakinan untuk mendapatkan hasil yang di ingkan , Maka agar terlaksana yang kita harapkan / impikan kita harus mempunnyai tujuh prinsif Berfikir positif yaitu :

1. Masalah dan kesengsaraan Hanya ada dalam Persepsi

Yang dimaksud yaitu kenyataan adalah persepsi anda , jika anda ingin mengubah kenyataan hidup anda, mulailah dengan mengubah persepsi anda .
Ada sebuah kisah orang yang frustasi , sedih dan selalu mengeluh dioperasi hingga persepsinya dibedah dan kesehatanya kembali pulih ‘ apakah ia masih akan mengahadapi masalah lagi ? tentu tidak. Sebab semua masalah yang ia hadapi ada dalam persepsinya. Selain persepsi , masalah juga behubungan dengan makna yang ia rumuskan , cara berfikir , keputusan dan pilihan .
Jika anda merubah persepsi anda tentang masalah , memikirkannya sebagai hadiah terindah dari Allah , lalu berkonsentrasi pada upaya mencari solusi, maka anda akan menemukan pintu harapan terbuka lebar di hadapan anda. Karena itu , jangan biarkan persepsi anda tentang suatu masalah memengaruhi anda . sebab persepsi adalah program akal terdahulu yang bisa jadi keliru karena permasalahan dan kesensaraan hanya ada dalam persepsi belaka seperti didalam teori intink oleh Wiliam MC Dougal segala sesuatu harus difikir terlebih dahulu.

2 . Masalah Tidak Akan Membiarkan anda dalam kondisi yang ada : Ia akan Membawa anda pada kondisi yang lebih buruk atau yang lebih baik.

Yang dimaksud yaitu apa yang terjadi pada anda tidak penting . yang penting adalah apa yang anda lakukan terhadap apa yang terjadi pada anda..
Jadi Setiap masalah yang datang kepada kita dalam hidup ini membuat kita keluar dari rasa tenang , damai dan nyaman . masalah juga mempengaruhi pikiran, konsentrasi, kekuatan dan perasaan kita sampai kita dapat melepaskan diri darinya dengan cara-cara tertentu. Kita akan menemukan orang yang berkepribadian negative akan kehilangan keseimbangan ketika menghadapi masalah hingga ia berfikir secara negative dan emosional. Perhatiannya akan difokuskan pada masalah dan dampaknya yang paling buruk . Dengan begitu, perasaannya semakin negative dan mendorongnya berprilaku negative hingga masalah yang ia hadapi semakin rumit. Sedangkan orang yang berkepribadian positif akan memusatkan perhatian pada upaya mencari solusi dengan cara-cara yang rasional dan perasaan yang tenang sesuai dengan Teori Arousal (Elizabeth Duffy ) yaitu Rangsangan/ Mendorong untuk melakukan sesuatu meskipun dalam keadaan takut/ tegang.

3 . Jangan jadi Masalah , Pisahkan dirimu dari masalah.

Yang dimaksud yaitu tidak ada masalah yang solusinya tidak dapat dipikirkan oleh akal manusia.
Ada sebuah kisah seorang yang bekerja di sebuah perusahaan LG akan tetapi ia di PHK dikarenakan krisis global yang mengakibatkan perusahaan harus mem-PHK sebagiaan karyawannya akan tetapi ia berfikir positif apa yang telah terjadi terhadapnya dan ia selalu mencari solusi untuk menyelesaikan masalahnya dengan baik dan ia selalu berusaha untuk mencari kerja kemanapun dan akhirnya ia mendapatkan pekerjaan yang ia harapkan dikarenakan ia selalu berfikir positif.

4 . Belajarlah dari masa lalu , Hiduplah pada masa kini, dan Rencanakan masa depan.

Yang dimaksud yaitu Masa lalu adalah mimpi, masa depan adalah proyeksi, Hidupmu saat ini yang diwarnai cinta mendalam pada Allah membuat masa lalu menjadi mimpi yang indah dan masa depan yang penuh harapan.
Jadi sebenarnya banyak orang yang terauma terhadap kegagalan yang terjadi di masa lalu akan tetapi seharusnya kegagalan itulah yang menjadikan orang tersebut lebih bijaksana dan lebih focus terhadap apa yang ia harapkan , dan berhati-hati dalam mengabil keputusan Contoh seperti orang yang tidak naik kelas ia harus belajar dari masa lalunya yang mengakibatkan ia gagal naik kelas dan juga harus lebih fokus terhadap apa yang ia harapkan.

5 .Setiap Masalah ada solusi spiritualnya.

Yang dimaksud yaitu seperti di dalam firman Allah SWT yang berbunyi :
Barang siapa bertakwa pada Allah niscaya dia akan menyediakan jalan keluar untuknya . Dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak terduga. [ Al-Thalaq 2-3]
Maka sadarilah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orangyang berbuat kebaikan .Apa pun masalah yang anda hadapi, tetaplah berfikir positif, pusatkan perhatian anda pada upaya mencari solusi dan tawakallah pada Allah. Dengan demikian, pikiran anda akan sarat dengan spritualitas pada saatnya anda akan tercengang ketika Allah memberikan jalan keluar untuk anda ; banyak hal positif yang akan terjadi dan tidak pernah anda bayangkan.

6 . Mengubah pikiran berarti Mengubah kenyataan. Pikiran baru menciptakan kenyataan baru.

Seperti wanita yang mempunyai masalah di dalam berat badannya/kegemukan akan tetapi ia ingin menurunkan berat badanya tetapi selalu gagal di dalam perubahanya.
Mengapa tidak terjadi perubahan ? karena ia tidak menciptakan perubahan dalam dirinya . Ia masih melakukan perbuatan yang sama , yaitu berpegang pada metode ilmiah tanpa berusaha keras untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Pikiran-pikiran negative yang ada dalam dirinya menyebabkan citra diri yang negative pula . Ia menilai dirinya kegemukan . citra diri ini diperkuat oleh keyakinan bahwa ia sudah berusaha berkali-kali , tapi tidak berhasil Akan tetapi ketika pikiran negative itu diubah menjadi positif,, ia dapat mengubah citra diri sendiri, Ia memandang diri sendiri dengan berat badan yang baru, Ia juga yakin mampu mewujudkan impiannya , penghargaan terhadap diri sendiri meningkat dan ia dapat menerima diri sendiri apa adanya.

7 . Ketika Allah Menutup satu pintu, pasti dia membuka pintu lain yang lebih baik.

Yang dimaksud disini yaitu Kadangkala Allah menutup pintu yang ada di depan kita, tapi dia membuka pintu lain yang lebih baik . namun, kebanyakan manusia menyia-nyiakan waktu , konsentrasi, dan tenaga untuk memandang pintu yang tertutup daripada menyambut pintu impian yang terbuka di hadapanmu.
Ada sebuah kisah/ cerita orang yang bekerja di perusahaan baja yang mana ketika itu ia di percaya oleh atasannya menjadi maneger divisi akan tetapi pada suatu ketika terjadilah masalah besar terhadap divisinya yaitu masalah kehilangan uang dan ia di fitnah oleh banyak rekan-rekannya yang mengakibatkan ia dipecat dari perusahaan itu akan tetapi tidak membuat ia patah semangat untuk mencari kerja di tempat lain malah membuat ia lebih tawakal kepada Allah dan lebih rajin ibadah ,dikarena. ia tidak patah semangat dan selalu tawakal akhirnya ia mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan lebih sesuai dengan bakatnya , sampai-sampai membuat ia menjadi top maneger dikarenakan kesabarannya dan ketawakalannya , Maka . sebenarnya Allah memberi semua cobaan itu ada hikmah dibalik itu semua .

0 komentar:

Posting Komentar