ILMU ADALAH CAHAYA KEHIDUPAN

Rabu, 18 November 2009
ILMU ADALAH CAHAYA KEHIDUPAN


( Dan, dia telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui . Dan adalah karunia Allah itu sangat besar) ( QS. An-nisa : 113)

( sesungguhnya aku mengiatkan kepadamu supaya kamu tidak termasuk orang- orang yang tidak berpengtahun ) ( QS. Hud : 46 )

kebodohan merupakan tanda kematian jiwa, terbunuhnya kehidupan dan membusukya umur. Sebaliknya ilmu adalah cahaya bagi hati nurani, kehidupan bagi ruh dan bahan baar bagi tabiat.
Kebahagihaan, kedamaian, dan ketentraman hati senan tiasa berawal dari ilmu pengetahuan . itu karena ilmu mampu menembus yang samar, menemukan sesuatu yang hilang, dan menyingkap yang tersembunyi, selain itu , naluri dari jiwa manusia itu adalah selalu ingin mengetahui hal-hal yang baru dan ingin mengungkap sesuatu yang menarik.
Kebodohan itu sangat membosankan dan menyedihkan . pasalnya, ia tidak pernah memunculkan hal baru yang lebih menarik dan segar; yang kemarin seperti hari ini, dan yang hari ini pun akan sama dengan yang akan terjadi esok hari.
Bila anda ingin senantiasa bahagia, tuntutlah ilmu, galilah pengetahuan, dan raihlah berbagai manfaat, niscaya semua kesedihan, kepedihan dan kecemasan itu akan sirna.
Dan , Adanya manusia menurut Al- qur’an adalah karena sepasang manusia pertama yaitu Adam dan Hawa. Disebutkan bahwa, dua insane ini pada awalnya hidup di surga. Namun , karena melanggar perintah Allah maka mereka diturunkan ke bumi. Setelah ke bumi, sepasang manusia in kemudian beranak- ranak menjaga dan menjadi wakilnaya di dunia.
Tugas yang amat berat untuk menjaga penjaga bumi. Karena beratnya tugas yang akan diemban manusia , maka Allah memberikan pengetahuan tentang segala sesuatu tentang manusia . satu nilai lebih pada diri manusia , yaitu dianugrahi pengetahuan. Manusia dengan segala kelebihannya kemudian ditetapkan menjadi khalifah di bumi ini.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bermanfaat sekali untuk memajukan dan mempermudah kehidupan manusia . islam adalah agama yang mengajak manusia untuk memiliki dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Orang yang beriman dan berilmu disamping kehidupannya lebih baik, juga derajatnya akan ditingikan oleh Allah swt.
Sains memberi kita kekuatan dan pencerahan dan keimanan memberikan cinta, harapan, dan kehangatan. Sains menciptakan teknologi dan keimanan untuk mencapai tujuan. Sains memberi kita momentum, dan keimana memberi kita arah . sains berarti kemampuan dan keimanan adalah kehendak baik. Sains menunjukan kepada kita apa yang ada disana , sementara keimanan adalah internal . sains menjadikan dunia tampak ramah bagi kita , sedangkan keimanan mengukit ruh manusia . sains memperluas manusia secara horizontal dan keimanannya meningkatkannya secara vertikal. Sains membentuk kembali alam dan keimanan mencetak manusia . baik sains maupun keimanan memberi kekuatan kepada kemanusiaan. Yang diberikan sains kepada manusia adalah kekuatan lepas, tetapi keimanan memberikannya suatu kekuatan yang kukuh . baik keimanan maupun sains berarti keindahan. Sains adalah keindahan kebijaksanaan dan keimanan adalah ruh. Sains dan keimanan memberi manusia kepastian atau penawar bagi kegelisahan, kesepian , ketak berdayaan , absurdities. Sains menyelaraskan manusia dengan sang diri.
Juga , ilmu dan kemudahan itu ibarat dua sahabat dan dua saudara sekandung, kenapa? Karena ilmu adalah pintu kemudahan dan belajar itu adalh kewajiban, wahyu pertama yag diterima nabi muhammad saw surat Al-Alaq (96); 1-5, mengandung perintah Allah kepada manusia agar membaca, menulis dan meneliti.

0 komentar:

Posting Komentar